Kamis, 17 November 2011

Landasan Teknologi dalam pendidikan


1.      Landasan filosofis
Teknologi merupakan penerapan ilmu, dengan demikian bahwa dalam penerapan teknologi komunikasidalam pendidikan diharapkan membuka cakrawala keilmuan yang dilandasi oleh semangat mencaridan berinovasi dengan segala fasilitas yang diberikan. Oleh karena itu paham progresivisme tidak mengakui kemutlakan kehidupan, menolak absolutisme dan otoritarianisme dalam segala bentuknya.
o    (Brinkmann:1971)
2.      Landasan Yuridis
Berdasarkan UU Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen telah diputuskan bahwa “setiap Guru harus dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik”.
3.      Landasan Teoritis
Kreativitas sangat diperlukan dalam hidup ini dengan beberapa alasan antara lain:
pertama , kreativitas memberikan peluang bagi individu untuk mengaktualisasikan dirinya,
kedua , kreativitas memungkinkan orang dapat menemukan berbagai alternatif dalam pemecahan masalah,
ketiga, kreativitas dapat memberikan kepuasan hidup, dan keempat, kreativitas memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya

Tiga hal yang harus diwujudkan
o    Siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, danlembaga pendidikan guru
o    Harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna, dan dukungan kultural bagi siswa dan guru
o    Guru harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan alat-alat dan sumber-sumber digital untuk membantu siswa agar mencaqpai standar akademik.

0 komentar: