Landasan Teknologi dalam pendidikan
1. Landasan filosofis
Teknologi merupakan penerapan ilmu, dengan demikian bahwa
dalam
penerapan teknologi komunikasidalam pendidikan diharapkan
membuka cakrawala keilmuan yang dilandasi oleh semangat
mencaridan berinovasi dengan segala fasilitas yang diberikan. Oleh karena
itu paham progresivisme tidak mengakui kemutlakan kehidupan, menolak
absolutisme dan otoritarianisme dalam segala bentuknya.
o (Brinkmann:1971)
2. Landasan Yuridis
Berdasarkan UU Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen
telah diputuskan bahwa “setiap Guru harus dapat
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik”.
3. Landasan Teoritis
Kreativitas sangat
diperlukan dalam hidup ini dengan beberapa alasan antara lain:
pertama , kreativitas
memberikan peluang bagi individu untuk mengaktualisasikan dirinya,
kedua , kreativitas
memungkinkan orang dapat menemukan berbagai alternatif dalam pemecahan masalah,
ketiga, kreativitas dapat memberikan kepuasan
hidup, dan keempat, kreativitas memungkinkan manusia meningkatkan
kualitas hidupnya
Tiga hal yang harus
diwujudkan
o Siswa dan guru harus memiliki akses
kepada teknologi digital dan internet dalam kelas,
sekolah, danlembaga pendidikan guru
o Harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna, dan dukungan
kultural bagi siswa dan guru
o Guru harus memiliki
pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan
alat-alat dan sumber-sumber digital untuk membantu siswa agar
mencaqpai standar akademik.
0 komentar:
Posting Komentar